Jumat, 19 Apr 2024
xPasang iklan readnews
Iklan Top SE

Enam Desa di Kecamatan Sidoan Siap Sambut Program PTSL Tahun 2024

waktu baca 2 menit
Sabtu, 2 Mar 2024 01:04 0 986 Yuyun

Parigi Moutong, Sultengekspres.com – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) menjadi angin segar bagi masyarakat Kabupaten Parigi Muotong. Melalui inisiatif tersebut, pemerintah memberikan kesempatan kepada warga untuk memperoleh Setifikat Tanah secara gratis.

Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Kabupaten Parigi Muotong mempersiapkan pelaksanaan PTSL untuk Tahun 2024. Fokus utama program ini adalah enam desa yang tersebar di Kecamatan Sidoan, yaitu Desa Sidoan, Desa Sidoan Timur, Desa Sidoan Selatan, Desa Sidoan Barat, Desa Sintuwu Raya, dan Desa Muara Jaya.

Sebelum dimulainya pelaksanaan PTSL, dilakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah kepada semua pihak terlibat dalam kegiatan tersebut. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran, Hj. Amanda Maisura.A.Ptnh. M.A.P., yang menjelaskan bahwa proses tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah ATR / BPN Tahun 2018.

“Kegiatan PTSL di Kabupaten Parigi Moutong mengalami peningkatan yang signifikan. Jumlah bidang tanah yang terdaftar tahun 2023 sebanyak 4.500, dan tahun ini meningkat drastis menjadi 7.474 bidang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar akan disatukan dengan Lokasi K33, yang pengukurannya telah dilakukan pada tahun 2019 namun pembuatannya tertunda. Tahun ini, kami akan menyelesaikannya secara menyeluruh,” ujar Amanda Maisura.

Program PTSL tidak hanya memberikan kepastian hukum atas tanah, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam hal pemanfaatan dan pengembangan lahan. Diharapkan, program ini akan memperkuat kedudukan hukum dan memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. (Yun)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

xPasang iklan readnews