Senin, 22 Jul 2024
xPasang iklan readnews
Iklan Top SE

Robot Catur dari Universitas Gunadarma Kalahkan Catur Indonesia!

waktu baca 1 menit
Kamis, 3 Agu 2023 19:23 0 949 Khairul Anam

Tekno, Sultengekspress.com – Robot catur dari Universitas Gunadarma kalahkan catur Indonesia. Belakangan ini Universitas Gunadarma membuat robot catur bernama UG-Bogoljubov. Robot itu merupakan proyek pembangunan perkembangan teknologi dan pengetahuan pasca COVID-19.

Robot catur ini menjadi robot pertama yang mereka rancang agar bisa bermain catur dengan manusia.UG-Bogoljubov adalah karya dari dosen dan mahasiswa Universitas Gunadarma. Salah satunya adalah Prof.Dr.Ing. Adang Suhendra, S.Si,. M.Sc.

Robot ini pun pernah uji coba bermain catur dengan Susanto Megantoro, Grand Master Catur Indonesia. Permainan catur ini berjalan hingga 1 jam lebih. Dan pemenangnya adalah UG-Bogoljubov dengan skor 2 kali seri dan 1 kali menang.

Hasil dari pertandingan menjadi pertimbangan Adang Suhendra dan timnya untuk melanjutkan projeknya yakni menyempurnakan UG-Bogoljubov. Mereka berharap robot ini sampai ke taraf internasional.

Tak tanggung-tanggung, mereka akan membuat robot ini menyerupai manusia dari segi emosional maupun gerak-geriknya.

“Kami berharap robot catur UG-Bogoljubov ini bisa berguna bagi dunia percaturan Indonesia maupun dunia,” jelas Andang.

Robot catur dari Universitas Gunadarma kalahkan catur Indonesia semoga bisa berjalan baik dan sesuai dengan tujuannya. (anam)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

xPasang iklan readnews