Rabu, 12 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan Top SE

Meresahkan! Polresta Palu Bakal Bekuk Jukir Liar di Kota Palu

waktu baca 2 menit
Jumat, 15 Sep 2023 00:59 0 631 Muhammad Rizky

Palu, Sultengekspres.com – Keberadaan juru parkir (jukir) liar di Kota Palu kian meresahkan warga masyarakat. Tak sekedar menarik pungutan liar (pungli) oknum jukir liar juga tak segan memalak korbannya dengan mematok tarif seenaknya sendiri.

Maraknya aduan masyarakat (dumas) terkait jukir liar tersebut. Kepala Kepolisian Resort Kota (Kapolresta Palu) Kombes Pol. Barliansyah, S.I.K., M.H melalui Kasat Reskrim (Satreskrim) Polresta Palu AKP Ferdinand E Numbery, S.IK, M.H mengatakan, akan menindak siapapun yang melakukan pungutan liar terhadap masyarakat khususnya pengguna lahan parkir.

“Jajaran Satreskrim Polresta Palu akan aktif merespon dumas terkait pungutan liar diantaranya yang dilakukan jukir liar. Kami akan mengambil upaya prefentif yang terukur, demi kenyamanan dan rasa aman warga masyarakat Kota Palu,” tegas AKP Ferdinan.

Pantauan media ini, tim Resmob Satrekrim Polresta Palu kian gencar melakukan patroli diseluruh penjuru Kota Palu.

“Tanpa menunggu dumas, Polresta Palu aktif berpatroli diseluruh wilayah Kota Palu. Terlebih lagi didaerah yang dianggap rawan terjadinya tindakan kriminal. Semisal kemarin kami merespon dumas adanya pungli yang dilakukan oknum disekitaran penggaraman pantai Talise. Tim Resmob Satreskrim Polresta Palu langsung bergegas ke TKP dan melakukan pengamanan” papar Kasat Reskrim AKP Ferdinan.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat, apabila mengalami tindakan pungli atau pemalakan dari oknum jukir segera untuk melaporkannya kepada Polresta Palu.

“Jika ada hal pemalakan yang dialami masyarakat, segera melaporkan ke kami. Atau dapat membuat laporan kepada Polresta Palu. Kami juga menitipkan nomor kontak anggota dilapangan kepada pedagang setempat yang mana rawan pungli oknum jukir,” ujar Ferdinan.

Sementara itu, masyarakat juga berharap selain menertibkan jukir liar. Polresta Palu juga bisa membantu masyarakat menertibkan jukir resmi yang menarik retribusi tanpa memberikan tiket/karcis parkir, serta menertibkan perparkiran yang belakangan ini banyak menimbulkan kemacetan akibat sudah memakan badan jalan.

“Semoga Polresta juga menertibkan jukir yang tak memberikan karcis parkir serta menertibkan lokasi parkir yg memakan badan jalan hingga menimbulkan kemacetan. Misalnya di swalayan Grand Hero Basuki Rahmat, Maestro pizza & Cafe MT. Haryono, Bakso Solo Taman GOR dan lainnya,” ujar Iskandar warga Kota Palu. (mrh)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

xPasang iklan readnews