Sabtu, 15 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan Top SE

Buah Sarikaya, Kenikmatan Tropis dengan Banyak Manfaat Kesehatan

waktu baca 2 menit
Selasa, 18 Jul 2023 11:08 0 624 Muhammad Rizky

Palu, Sultengekspres.com – Buah sarikaya, telah lama dikenal sebagai buah tropis yang lezat dan segar. Namun, selain citarasanya yang menggoda, sarikaya juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang menakjubkan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah sarikaya:

Kaya akan antioksidan: Sarikaya mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu penyakit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Vitamin C yang tinggi dalam sarikaya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga tubuh dari infeksi dan penyakit.

Membantu pencernaan: Serat yang tinggi dalam buah sarikaya dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit usus.

Menurunkan risiko penyakit jantung: Sarikaya mengandung flavonoid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Flavonoid ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Menyehatkan kulit: Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam sarikaya membantu meningkatkan produksi kolagen, protein yang penting untuk kesehatan kulit. Ini membantu menjaga kulit tetap lembap, kenyal, dan bebas dari kerutan.

Menjaga kesehatan mata: Beta-karoten yang tinggi dalam sarikaya dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia serta penurunan penglihatan.

Menurunkan risiko diabetes: Sarikaya memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis setelah dikonsumsi. Ini menjadikannya buah yang baik untuk penderita diabetes atau mereka yang ingin mengontrol kadar gula darah.

Menenangkan sistem saraf: Sarikaya memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Ekstrak sarikaya juga digunakan dalam beberapa produk herbal untuk mengatasi gangguan tidur dan kecemasan.

Menambah energi: Kandungan vitamin B kompleks dalam sarikaya membantu meningkatkan energi tubuh dan menjaga kesehatan sistem saraf.

Menurunkan berat badan: Sarikaya rendah kalori dan kaya serat, sehingga dapat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, mengendalikan nafsu makan, dan membantu dalam program penurunan berat badan.

Dengan banyaknya manfaat kesehatan yang dimiliki buah sarikaya, sangat dianjurkan untuk memasukkan buah ini ke dalam pola makan sehari-hari. Nikmati kesegaran dan kenikmatan dari buah tropis ini sambil mendapatkan manfaat kesehatannya yang luar biasa. (mrh)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

xPasang iklan readnews